24 September, 2017

Bahasa Pemograman Yang Sering Dipakai Di Dunia

Bahasa pemrograman yang ada saat ini sudah banyak sekali. Dalam pengembangan aplikasi sendiri, beragam developer menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda-beda. Namun begitu dari banyaknya bahasa pemrograman yang ada, terdapat beberapa bahasa pemrograman populer yang paling sering digunakan.
tabel PYPL
Berdasarkan hasil dari PYPL PopularitY of Programming Language Index pada bulan September 2015 menyatakan bahwa Java masih menjadi raja bahasa pemrograman populer yang digunakan oleh developer di seluruh dunia. Setelah itu disusul oleh PHP, Python, C#, dan C++ yang menempati 5 besar.
Java logo
Java
Java adalah bahasa pemrograman yang paling populer digunakan di dunia untuk saat ini. Awalnya Java dikembangkan pada tahun 1991 dalam proyek Green yang dipimpin oleh Patrick Naughton dan James Gosling saat masih di Sun Microsystem.
Kini bahasa pemrograman Java sudah resmi dimiliki oleh perusahaan Oracle setelah Sun Microsystem melepasnya. Java ini merupakan salah satu bahasa pemrograman yang bertenaga untuk mengembangkan aplikasi desktopweb, bahkan mobile.
Bahasa pemrograman Java ini populer di kalangan developer Android karena rata-rata untuk pengembangan aplikasi di platform Android ini menggunakan bahasa pemrograman Java.

PHP logo
PHP
Awalnya PHP merupakan singkatan dari Personal Home Page dan seiring berjalannya waktu singkatan PHP menjadi PHP : Hypertext Propocesor.  Bahasa pemrograman ini sendiri dikembangkan oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1994.
PHP ini merupakan bahasa pemrograman yang populer digunakan untuk membangun website dinamis karena teknologinya yang server side scripting. Dengan teknologi pemrograman web ini membuat skrip dikompilasi atau diterjemahkan di server sehingga memungkinkan dalam menghasilkan halaman web yang dinamis.
Bahasa pemrograman ini juga dapat digunakan untuk membuat CMS. Beberapa CMS yang terkenal menggunakan PHP adalah WordPress dan Joomla.

python logo
Python
Bahasa pemrograman yang satu ini menjadi populer karena mudah dipelajari dan bertenaga. Python sendiri awalnya dirancang oleh Guido Van Rossum pada tahun 1991. Nama Python sendiri berawal dari acara komedi Monty Python yang hit di tahun 70-an.
Python merupakan bahasa pemrograman interpretatif yang memiliki kapabilitas, kemampuan dengan sintaksis kode yang jelas dan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif,. Bisa dibilang sintaks-sintaks yang ditawarkan oleh Python ini dapat dengan mudah dipahami dan dipelajari. Salah satu perusahaan besar yang menggunakan Python ini adalah Google.

C# logo
C#
Bagi developer yang biasa menggunakan Microsoft Visual Studio, tentunya telah mengenal bahasa pemrograman yang satu ini. C# sendiri dikembangkan oleh Microsoft sebagai bagian dari inisatif kerangka .NET Framework yang menggunakan gabungan prinsi dari C dan C++.
Bagi developer yang tidak memiliki Microsoft Visual Studio untuk mengkompilasi kode-kode program dari C# ini maka dapat mencoba menggunakan Mono. Selain itu, bahasa pemrograman C# ini populer digunakan untuk pengembangan game di game engine populer seperti Unity.
C# juga populer untuk mengembangkan aplikasi yang berbasis Windows maupun Windows Phone. Menariknya, dengan kehadiran Xamarin disertai Microsoft Visual Studio 2015 telah memungkinkan developer dapat mengembangkan aplikasi di Windows, Android, dan iOS dengan menggunakan C#.

C++ logo
C++
C++ merupakan bahasa pemrograman yang dikembangkan oleh Bjarne Stroust pada tahun 1980-an yang merupakan pengembangan dari bahasa C. Salah satu hal paling mendasar yang membedakan C++ dengan bahasa C adalah dukungan terhadap konsep pemrograman berorientasi objek atau Object Oriented Programming.
Dengan menggunakan C++ ini developer dapat mengembangkan perangkat lunak yang bertenaga seperti game dan apikasi desktop pada komputer. Selain itu, C++ ini banyak digunakan sebagai dasar dari algoritma dan pemrograman pada beberapa universitas di Indonesia.

C logo
C
Biasanya bahasa pemrograman yang satu ini diajarkan pada tingkat awal pada jurusan TI perguruan tinggi di Indonesia sebagai penunjang mata kuliah algoritma dan dasar pemrograman. Bisa dibilang C merupakan bahasa pemrograman yang sudah tua dikembangkan pada tahun 1970-an oleh Dennis Ritchie.
Bahasa C ini banyak digunakan untuk memprogram sistem dan jaringan komputer. Namun developer juga banyak yang mengembangkan perangkat lunak dengan menggunakan C ini. Telah banyak bahasa pemrograman yang merupakan turunan dari C ini seperti C++, C#, dan masih banyak lagi.

javascript logo
JavaScript
JavaScript ini awalnya JavaScript ini dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape.  Bahasa pemrograman ini biasa banyak digunakan untuk pengembangan web karena dapat membuat web yang dihasilkannya menjadi menarik dan interaktif.
Namun seiring dengan berkembangnya zaman, telah banyak tool maupun framework yang dapat membantu developer dalam mengembangkan aplikasi web dan mobile multiplatform dengan menggunakan JavaScript.

objective-c logo
Objective-C
Bahasa pemrograman ini sangat familiar bagi developer yang biasa mengembangkan aplikasi native di perangkat Apple yang bersistem operasi MAC OS maupun iOS. Objective-C sendiri dikembangkan dari bahasa C dengan menggunakan gaya dari Smalltalk.
Objective-C ini sendiri dikembangkan oleh Brad Cox and Tom Love yang dirilis pada tahun 1983 dan merupakan  bahasa pemrograman yang berorientasi objek.

R logo
R
Awalnya R muncul pada tahun 1993 yang dikembangkan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman. Bahasa R ini ditujukan untuk analisis statistika dan grafik. Selain itu, bahasa R merupakan bagian dari proyek GNU.
Untuk itu, bahasa R memiliki kode sumber yang tersedia secara bebas di bawah Lisensi Publik Umum GNU dan versi biner prekompilasinya tersedia untuk berbagai sistem operasi. Menariknya, bahasa pemrograman ini R menyediakan berbagai teknik statistika (permodelan linier dan nonlinier, uji statistik klasik, analisis deret waktu, klasifikasi, klasterisasi, dan sebagainya) serta grafik

Matlab logo
Matlab
Matrix Laboratory atau yang lebih dikenal dengan Matlab merupakan sebuah program yang digunakan untuk analisis dan komputasi numerik. Meskipun begitu, Matlab sendiri merupakan bahasa pemrograman komputer generasi keempat.
Matlab ini dikembangkan oleh The MathWorks yang memiliki kemampuan untuk membuat plot fungsi serta data, memanipulasi matriks, mengimplementasikan algoritma, dan masih banyak lagi.

0 komentar:

Post a Comment