24 September, 2017

Cara mendapat penghasilan dengan hanya membuat blog

7 Cara menghasilkan uang dari blog paling populer

Di bawah ini adalah daftar 7 metode monetisasi paling populer yang sering digunakan para blogger untuk menghasilkan uang dari blognya.
Sebagian besar metode monetisasi di bawah ini sudah pernah saya lakukan, tapi ada beberapa yang saya pribadi belum pernah mencobanya.
Tapi yang jelas metode monetisasi di bawah ini adalah metode-metode yang sudah terbukti.
1. Pasang Iklan
Yang pertama adalah yang paling populer di antara yang paling populer, yaitu dengan memasang iklan di blog.
Untuk memonetisasi blog dengan iklan ada dua jalan yang bisa sobat pilih.
Pertama adalah dengan mendaftar ke program Advertising Networks atau jaringan periklanan.
Kedua adalah dengan menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat atau biasa disebut sebagai Direct Advertising.
Advertising Networks
Advertising Networks atau jaringan periklanan adalah sebuah program layanan yang mengubungkan antara pemasang iklan dengan para pemilik website atau blog.
Nah jika ingin menghasilkan uang dari program seperti ini, sobat hanya perlu mendaftar ke program jaringan periklanan tersebut, setelah itu nanti sobat akan diberikan sebuah kode iklan yang perlu dipasang di blog.
Penghasilan yang didapatkan biasanya dihitung setiap kali ada orang yang ngeklik iklan di blog sobat atau biasa disebut PPC (Pay Per Click).
Salah satu program Advertising Networks yang paling populer di Indonesia adalah Google AdSense.
Direct Advertising 
Berbeda dengan Advertising Networks, Direct Advertising adalah metode dimana sobat menawarkan secara langsung kepada calon pemasang iklan untuk beriklan di blog sobat.
Kelebihan metode ini adalah penghasilan blog sobat bisa jauh lebih tinggi karena iklan yang terpasang di blog tidak melalui perantara pihak ketiga.
Harga pemasangan iklan sendiri bervariasi, umumnya menyesuaikan dengan jumlah dan kualitas dari pengujung blog.
Meskipun sobat bisa mendapatkan hasil yang lebih tinggi, tapi cara ini bisa dibilang tidaklah mudah. Alasannya karena sobat harus bisa mencari calon pemasang iklan yang bersedia untuk beriklan di blog sobat.
2. Paid Review
Paid review atau paid posts adalah metode monetisasi dimana kita mendapatkan penghasilan dengan mereview produk atau jasa milik orang melalui postingan di blog kita.
Pada dasarnya nggak ada bedanya dengan Direct Advertising, hanya bedanya jika Direct Advertising iklannya berupa sebuah banner iklan, sedangkan paid review iklannya dalam bentuk postingan review.
Salah satu blogger Indonesia yang cukup sukses menerapkan metode monetisasi ini adalah Priangga pemilik blog www.priangga.web.id.
3. Jualan produk sendiri
Menjual produk sendiri merupakan salah satu metode monetiasi blog terbaik yang bisa dilakukan. Alasannya karena dengan menjual produk sendiri sobat bisa mendapatkan penghasilan berkali-kali lipat lebih besar ketimbang menggunakan metode monetisasi yang lain.
Jika menggunakan metode ini bisa dibilang sobat tidak menghasilkan uang dari blog secara langsung, karena penghasilan yang sobat dapatkan adalah dari hasil berjualan. Sedangkan fungsi dari blog yang sobat kelola nantinya hanya sebagai tempat untuk mempromosikan produk yang sobat jual.
Memang apaan yang bisa dijual lewat blog, Mas?
Produk yang bisa dijual lewat blog terbagi menjadi dua jenis.
Yaitu produk fisik dan produk digital.
Untuk produk fisik hampir apa saja bisa dijual lewat blog. Tapi tentunya produk yang dijual harus sesuai dengan topik blog sobat.
  • Misalnya blog sobat membahas tentang burung, maka sobat bisa menjual obat burung.
  • Misalnya blog sobat membahas tentang motivasi, sobat bisa menjual buku motivasi.
  • Misalnya blog sobat membahas tentang gadget, sobat bisa berjualan gadget.
  • Dan lain sebagainya
Sedangkan untuk produk digital yang bisa dijual lewat blog biasanya produk-produk seperti:
  • Ebook (Buku Elektronik)
  • Video
  • Audio
  • Software
  • Theme Website
  • Plugin
  • Desain gambar
  • dll.
Jualan produk sendiri lewat blog tentu saja bukan hal yang mudah. Pertama sobat harus mempunyai produk untuk dijual, kedua sobat harus bisa mencari pengunjung blog yang tertarget supaya membeli produk yang sobat jual.
4. Jualan jasa sendiri
Selain produk sobat juga bisa menjual jasa melalui blog. Metode monetisasi ini sangat cocok bagi sobat yang mempunyai keahlian yang bisa disalurkan lewat Internet.
Contohnya:
  • Jika sobat jago desain, sobat bisa menyediakan jasa desain
  • Jika sobat jago menulis, sobat bisa menyediakan jasa menulis artikel
  • Jika sobat jago bikin website, sobat bisa menyediakan jasa pembuatan website
  • dll.

5. Mengikuti program afiliasi
Bagi sobat yang belum punya produk sendiri untuk dijual atau belum punya keahlian yang bisa dijadikan jasa, mengikuti program afiliasi adalah alternatif lain yang bisa dipilih.
Afiliasi adalah sebuah program dimana kita membantu mempromosikan produk atau jasa milik orang lain dan kita akan mendapatkan komisi jika kita berhasil menjual produk tersebut.
Untuk mengikuti program afiliasi seperti ini sobat bisa mencari penyedia produk atau jasa yang menyediakan program afiliasi atau bisa juga melalui affiliate network.
6. Menyediakan program membership
Program membership adalah salah satu metode monetisasi yang saya pribadi belum pernah mencobanya.
Tapi metode monetisasi ini sudah terbukti bisa memberikan penghasilan yang lumayan karena banyak blogger Indonesia maupun luar Negeri yang sudah membuktikannya.
Program membership pada dasarnnya adalah sebuah program dimana sobat menyediakan konten premium di blog sobat dan konten premium tersebut hanya bisa dikases oleh pengujung yang sudah menjadi member dengan membayar sejumlah uang.
7. Jualan blog
Metode monetisasi yang terkahir adalah dengan menjual blog.
Jadi sobat mendapatkan penghasilan dengan membuat blog terus menjual blog tersebut kepada orang lain.
Emang ada yang beli, Mas?
Di luar sana banyak blogger-blogger pemula yang malas untuk membuat blog dari awal. Jika punya uang biasanya mereka lebih memilih untuk membeli blog yang sudah jadi.

0 komentar:

Post a Comment